Phishing - Password Harvesting Fishing

Selasa, 12 April 2011

Phishing
Berbagai macam cara pencurian data banyak terjadi di dunia internet terlebih bagi mereka yang awam terhadap masalah keamanan informasi, seperti pada modus operandi phishing, dimana orang yang menjadi target penipuan dikirimkan email phishing seolah-olah dari lembaga/institusi yang meminta verifikasi terhadap accont online (Paypal, online banking) dan bila si penerima email merespon dengan mengisi data-data yang diminta, dapat dipastikan dalam waktu sekejap saja “saldo” rekening akan menguap.

Phishing adalah suatu gaya penipuan untuk mendapatkan informasi pribadi pengguna internet, seperti username dan password, account, nomor kartu kredit, dan sebagainya. Cara kerjanya adalah dengan mengirim email berisi tipuan dengan bahasa yang digunakan seringkali mempergunakan istilah-istilah teknis yang bagi orang awam terlihat sangat meyakinkan, sehingga si penerima email tertarik untuk mengklik link yang memang sudah disediakan, dan akan membawa korban ke situs palsu yang seolah-olah asli. Sehingga pada saat diminta untuk melakukan verifikasi atau registrasi ulang data-data personal (seperti : nomor kartu kredit, nomor rekening bank, nomor rekening paypal, user ID dan password) pun diisi dengan lengkap dan tanpa disadari bahwa data-data personal tersebut telah berhasil dicuri.

Kasus Phishing saat ini tidak hanya mengincar nasabah bank, tetapi juga akun jejaring sosial seperti facebook dan twitter, untuk diambil user ID dan passwordnya kemudian mereka akan melakukan pencurian data pribadi/identitas atau dikenal dengan istilah identity theft. Data yang dicuri kemudian digunakan untuk membuat dokumen “aspal” sebagai jembatan untuk membuat kartu kredit palsu.

Berikut contoh kasus phishing pada akun jejaring sosial facebook, tampilan halamannya sama seperti login halaman facebook asli tapi URL (Uniform Resource Locater) bukan ‘www.facebook.com’ tapi ‘www.access-logins.com’ .

Phishing, PIN

Dengan semakin maraknya aksi pencurian data, maka kita harus lebih berhati-hati bila menerima email pastikan asal-usul email dan teliti kebenaran link URL yang diberikan (biasanya untuk perbankan untuk login menggunakan awalan ‘https’ bukan ‘http’) dan bila perlu lakukan konfirmasi melalui telephone.



Related Post:

8 comments:

DEDE AZIS NAGARA 16 April 2011 13.27  

tukeran link yuk gan..link agan dah saya pasang..silahkan di cek..makasih tas kerjasamnya gan,,,di tunggu backlinknya,,,

http://dedeazisnagara.blogspot.com/

Adrian 19 April 2011 17.51  

nice post sob..jangan lupa komentar blik di blogku ya sobat

cumi 25 April 2011 15.24  

emang sekarang tambah banyak jebakan betmen gitu, salah klik aja bisa-bisa abis deh.. harus lebig berhati-hati

Dayas 26 April 2011 12.51  

Bahaya juga y. bisa2 bangkrut tuh yg kna teknik ini. hahaha Parah ^_^

adrian 15 Juli 2011 18.00  

nice sob artikelnya..jadi tau nih saya tentang phising..keep posting ya..jangan lupa jga komen balik di blogku ya

Yogabama 18 Oktober 2011 09.16  

Jadi ngeri hbs baca nih, yah yg penting WASPADA...WASPADA!!!

HD Cafe 29 November 2011 13.40  

An awesome article, thanks for sharing it.

HD Cafe

Jefry 15 November 2012 13.14  

semoga dah akun kita maupun web kita tidak pernah terkena phishing

Posting Komentar

GET UPDATE VIA EMAIL
Jika anda suka dengan artikel di blog ini. Silahkan berlangganan via RSS. Isi alamat email anda di bawah ini!!

Tab View Menu

My Link

Link Text
Link Banner
Mari Berbagi

      © Free Blogger Templates Columnus by Ourblogtemplates.com 2008

    Back to TOP